Sunday, January 13, 2013

Tugas Ilmu Sosial Dasar Bulan Januari

0 comments
Share on :
Peran warga Negara dalam Negara hukum republik indonesia


               Negara merupakan kumpulan dari beberapa kelompok manusia  yang bersama-sama mendiami atau menduduki satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan seluruh kelompok anusia tersebut. Negara adalah satu perserikatan yang melaksanakansatu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan.
Peran warga Negara sangat penting bagi bangssa Indonesia, dengan adanya keikut sertaan warga Negara dalam berbagai aspek dapat membawa pengaruh yang besar bagi Indonesia. peran warga Negara sendiri sudah diatur oleh Undang-Undang 1945 yang termasuk ke dalam Hak dan Kewajiban warga Negara. Warga Negara sebenarnya sesuatu hal yang sangat harus kita perhatikan, karena di setiap sikap atau perbuatan yang dilakukan oleh warga Negara dapat menciptakan perubahan yang dapat membantu atau mungkin bisa jadi merugikan bangsa Indonesia. oleh karena itu, kita harus memberikan sebuah pemahaman bagaimana seharusnya warga Negara ikut berperan dalam membangun, membela dan melindungi Negara Indonesia, dan apa saja hak-hak yang bisa didapat oleh warga Negara. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kewajiban warga Negara Indonesia.

Kewajiban warga Negara
         
               Indonesia merupakan sebuah Negara yang sangat besar wilayahnya, begitupun penduduk yang menempati Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan sebuah peran dari warga Negara agar Indonesia dapat membangun Negara yang lebih baik lagi dengan cara mengetahui apa saja kewajiban warga Negara Indonesia di dalam undang –undang 1945, seperti:
1.                 Kewajiban dalam mentaati hukumdan pemerintahan yang terdapat pada pasal 27 ayat (1) yang berbunyi: segala warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
2.                 Kewajiban dalam pembelaan Negara yang terdapatpada pasal 27 ayat (3) yang berbunyi: setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.
3.                 Kewajiban untuk menghormati hak asasi manusia yang tertuang dalam pasal 28J ayat (1) yang berbunyi: setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4.                 Kewajiban dalam pertahanan dan keamanan Negara yang terdapat didalam pasal 30 ayat (1) yang berbunyi: tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib untuk ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.

Hak warga Negara
          Disamping kewajiban warga Negara, terdapat pula hak-hak yang dimiliki oleh warga Negara Indonesia. Karena kedua hal tersebut harus berjalan dengan seimbang, meskipun terkadang kita hanya memikirkan hak kita sebagai warga Negara tanpa melihat kewajiban kita sebagai warga Negara ataupun sebaliknya, terkadang kita belum mendapatkan hak kita sebagai warga Negara. Oleh karena itu kita akan melihat apa saja hak-hak warga Negara yang diatur oleh undang-undang 1945, seperti:
1.                 Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak yang tertuang dalam pasal 27 ayat (2) yang berbunyi: tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
2.                 Hak berhak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan yang tertuang dalam pasal 28A yang berbunyi: setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.
3.                 Hak untuk mendapatkan pengakuan, jaminan perlindungan, dan kepastian hukum yang tertuang dalam pasal 28D ayat (1) yang berbunyi: setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil sserta perlakuan yang sama dihadapan hukum.
4.                 Hak untuk bebas memeluk agama yang terdapat dalam pasal 28E ayat (1)yang berbunyi: setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya.

Sumber:
http://utarikusuma.wordpress.com/2012/06/18/kewajiban-bela-negara-bagi-setiap-warga-negara/
http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/07/peran-warganegara-dalam-aspek-kehidupan.html



Aspek Positif dan Negatif Perkotaan




                 Pada dasarnya masyarakat perkotaan ialah masyarakat pedesaan hanya saja mereka berpindah tempat tinggal dari desa ke kota dan mereka juga merubah kebiasaan yang biasanya dilakukan di desa dan tidak melakukan kebiasaannya lagi dikota dan dengan berjalannya waktu pola pikir mereka juga berubah.
Sebenarnya bila kita berbicara aspek positif dan negatif dari dari perkotaan pasti tidak akan pernah lepas hubungannya tentang cara hidup atau kebiasaan, tingkah laku, dan sikap dari masyarakat perkotaan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke dalam aspek positif dan negatif dari perkotaan, pertama kali yang kita harus pahami adalah apa arti masyarakat itu sendiri. Dan arti dari masyarakat perkotaan.

Pengertian dari masyarakat

          Masyarakat menurut pendapat saya adalah kumpulan dari sebuah individu, atau bisa dikatakan sebagai kumpulan dari setiap satu kepala keluarga dan mereka semua mempunyai sebuah aturan-aturan, adat istiadat, yang harus mereka patuhi dan hormati. Sedangkan pengertian dari masyarakat perkotaan atau yang sering disebut dengan urban community adalah lebih menekankan kepada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan.

Aspek Positif dari Masyarakat perkotaan
1.                 Berpikir secara modern atau secara pasti, maksudnya adalah bila masyarakat pedesaan masih mempercayai hal-hal gaib dan mistis, tetapi pada masyarakat perkotaan tidak seperti itu, mereka lebih percaya kepada bukti-bukti ilmiah dan nyata dari suatu permasalahan. Dan masyarakat perkotaan memiliki cara berpikir yang lebih masuk akal dari pada masyarakat pedesaan.
2.                 Masyarakat perkotaan lebih mengutamakan pendidikan, maksudnya adalah masyarakat perkotaan memiliki pikiran yang terbuka bahwa begitu sangat pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka kelak. Dan masyarakat perkotaan juga berlomba-lomba dalam mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dibandingkan dengan masyarakat pedesaan yang lebih memilih menikahkan anak gadisnya dari pada menyekolahkan mereka.
3.                 Masyarakat lebih maju karena bisa mengakses informasi dengan mudah, maksudnya adalah di daerah perkotaan kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan akses yang mudah dan tidak berbelit-belit. Sedangkan di pedasaan, masyarakat sangat susah mendapatkan informasi, media yang memberikan informasi sangat terbatas jumlahnya dan tidak merata ke seluruh penjuru pedesaan.


Aspek Negatif dari Masyarakat Perkotaan
1.                 Sifat masyarakat perkotaan yang lebih egois, maksudnya adalah mereka hanya mendahului urusan pribadi mereka dari pada mendahului urusan masyarakat umum, karena mereka berpikir bahwa tidak ada yang lebih penting dari urusan pekerjaan mereka.
2.                 Banyaknya tindakan kriminal, maksudnya adalah dengan tingkat taraf kebutuhan sehari-hari yang tinggi dan banyak diantara mereka yang tidak mempunyai pekerjaan yang tetap atau bahkan pengangguran. Dan itu menyebabkan munculnya tindakan kriminal yang terjadi di perkotaan demi memenuhi kebutuhan mereka
3.                 Hilangnya adat istiadat, maksudnya adalah masyarakat perkotaan sudah sangat jarang melakukan adat istiadat yang berasal dari kampong halaman mereka. Karena mereka berpikiran bahwa adat istiadat merupakan cara yang kuno dan tidak perlu dilakukan.   

Sumber :
http://yuliaputri94.blogspot.com/2013/01/aspek-positif-dan-negatif-perkotaan.html




Fungsi Agama dalam Masyarakat



                   Menurut saya Agama ialah sebuah prinsip yang harus di miliki oleh setiap manusia untuk mempercayai adanya tuhan dalam kehidupan mereka. Agama juga merupakan suatu pedoman atau pegangan setiap manusia untuk membawa kita kejalan yang baik.
        Agama dalam arti sempit merupakan seperangkat kepercayaan, peraturan etika, amal ibadah, penyembahan terhadap tuhan atau dewa-dewa. Sedangkan Agama dalam arti luas adalah suatu kepercayaan atau seperangkat nilai yang menimbulkan ketaatan pada seseorang atau kelompok tertentu kepada sesuatu yang mereka percayai.

Agama merupakan hal yang paling penting dalam menjalani hidup di dunia. Karena bila kita tidak mempunyai agama yang kita yakini, kita bisa berbuat tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Di dalam setiap agama pasti mengajarkan untuk tidak saling menyakiti dan merugikan antar sesama manusia. Selain itu, di dalam ajaran semua agama pasti menjelaskan tentang berbagai aspek yang sudah pasti akan dialami oleh kita semua dalam menjalani suatu kehidupan.
           
            Fungsi agama dalam masyarakat itu sendiri adalah sebagai pedoman atau pegangan dalam menjalani sebuah kehidupan. Karena didalam ajaran semua agama tanpa terkecuali kita diajarkan apa itu saling menghargai, menghormati, toleransi antar umat beragama, menyanyangi sesama makhluk hidup, tidak membeda-bedakan yang kaya atau miskin maupun yang cantik atau jelek. Semuanya sama di hadapan Sang Pencipta itu poin utama yang sangat penting dlam menghadapi dna menjalani suatu kehidupan. Tetapi pada faktanya masyarakat zaman sekarang tidak mengindahkan semua ajaran-ajaran tersebut, mereka bahkan bertindak dan berperilaku sebaliknya. Seakan-akan mereka seperti kacang yang lupa dengan kulitnya, seharusnya mereka sadar akan ajaran yang sudah ada didalam agama mereka masing-masing, tetapi mereka melupakan itu semua dan bahkan sampai ada yang melupakan Tuhannya. Karena menurut beberapa manusia mereka bisa menjadi apa yang mereka mau tanpa ada campur tangan Tuhan, menurut mereka itu semua terjadi karena kerja keras bukan karena pertolongan Tuhan.

            Padahal bukan hanya kerja keras mereka saja, tetapi ada campur tangan dari Sang Maha Pencipta. Dan itu adalah sebagian contoh dari masyarakat yang kurang mendalami bahkan tidak mau mempelajari agama mereka masing-masing. Oleh karena itu fungsi agama dalam masyarakat sangat penting untuk membentuk masyarakat yang harmonis, madani, aman, tentram dan sejahtera. 

Sumber: :
http://utarikusuma.wordpress.com/2012/06/18/kewajiban-bela-negara-bagi-setiap-warga-negara/
http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/07/peran-warganegara-dalam-aspek-kehidupan.html




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di CBM

Leave a Reply